Aplikasi Menonton Video Call Yang Di Rekomendasikan Baik Bagi Kesehatan

Aplikasi Menonton Video Call Yang Di Rekomendasikan Baik Bagi Kesehatan

Ada banyak video lucu yang beredar di internet, baik itu video hewan, maupun prank yang mengocok perut. Tidak sedikit orang juga yang menikmati konten tersebut. Lalu, apakah menonton video lucu di internet baik untuk kesehatan?

Pasalnya, setelah menonton konten video yang kocak, seringkali kebosanan maupun rasa stress seakan-akan menghilang. Jika penasaran apakah menonton video lucu di internet baik untuk kesehatan, simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Nonton Video Lucu di Internet

Menonton video lucu tidak hanya bermanfaat untuk menyingkirkan rasa bosan, tapi juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Jika ingin tahu lebih dalam apa saja manfaatnya, berikut ini adalah ulasannya:

1. Menurunkan Hormon Stress

Setiap menonton video lucu yang ada di internet, pastinya mengundang gelak tawa. Sementara itu, tertawa ternyata dapat merangsang berbagai sistem fisiologis dalam tubuh manusia sehingga dapat menekan hormon stress.

Maka, sistem kerja otak akan mengeluarkan dopamin yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, atau disebut juga sebagai salah satu hormon kebahagiaan. Dengan meningkatnya dopamin, maka hormon stress akan menurun.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan oleh American Physiological Society yang menyatakan bahwa dengan tertawa, bisa menekan jumlah hormon stress. Rinciannya adalah kortisol berkurang 39%, epinefrin berkurang 70%, dan dopac menurun 38%.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Tidak sedikit peneliti percaya jika video lucu di internet baik untuk kesehatan. Pasalnya, ada banyak penelitian yang menguatkan hal tersebut. Misalnya adalah penelitian yang dijalankan oleh seorang profesor dari Universitas Leeds, yaitu Dr. Andrea Utley.

Peneliti tersebut melibatkan 19 subjek penelitian dan semuanya diharuskan untuk menonton video binatang lucu dalam beberapa sesi. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa seluruh subjek penelitiannya mengalami penurunan tekanan darah.

Rata-rata penurunan darahnya adalah 115/71 dari 136/88. Dengan begitu, tekanan darah semua subjek penelitiannya berada dalam rentang normal.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika menonton video lucu, seringkali seseorang akan tertawa. Hal ini memberikan efek positif karena salah satu manfaat tertawa bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pasalnya ketika tertawa, pikiran dan perasaan akan lebih positif. Kemudian, salah satu hormon stress, yaitu kortisol akan menurun.

Dengan menurunnya hormon tersebut, maka kemampuan tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, mengatasi peradangan, dan mengatur kadar gula akan meningkat. Kemudian, tertawa juga dapat meningkatkan jumlah sel T.

Sel ini merupakan bagian dari leukosit yang fungsinya untuk mengenali pathogen bibit penyakit sehingga dapat melawan infeksi. Manfaat ini tentunya akan sangat berguna apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini.

4. Menurunkan Gangguan Kecemasan

Menonton video lucu di internet baik untuk kesehatan dan juga untuk mengurangi rasa cemas. Pasalnya, ketika menonton video yang menggelikan, otak manusia akan mengeluarkan berbagai hormon yang dapat membuat perasaan menjadi bahagia.

Beberapa hormon yang berperan ketika rasa senang muncul adalah dopamin dan oxytocin. Hal ini dikuatkan dari penelitian yang ada dalam jurnal Penelitian Iranian Nursing and Midwifery.

Pada penelitian ini menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan rasa cemas dan depresi, selain itu juga dapat meningkatkan optimism serta harga diri. Sementara itu, dari sisi psikologis, tertawa adalah kemampuan respon tubuh seseorang sebagai mekanisme positif untuk melewati masa-masa sulit.

5. Meningkatkan Oksigen dalam Darah

Ketika sedang tertawa, seringkali seseorang mengalami nafas yang tersengal-sengal. Hal ini wajar terjadi karena ketika tertawa, pertukaran oksigen terjadi dengan sangat cepat dan dalam waktu yang singkat.

Meskipun membuat tubuh kurang nyaman, namun tertawa justru dapat merangsang peningkatan aliran darah. Dengan demikian, pasokan oksigen yang masuk dalam darah akan lebih banyak jika dibandingkan sebelum tertawa.

Efeknya adalah sistem peredaran menjadi lancar dan terhindar dari penyakit penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, aliran oksigen yang lancar juga dapat meredakan ketegangan otot yang menumpuk sehingga otot menjadi lebih rileks.

6. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Menonton video lucu di internet baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Hal ini dikuatkan oleh suatu studi yang diteliti oleh Medical Hypotheses.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa tertawa dapat membuat aliran darah seseorang menjadi lebih baik. Asosiasi Jantung di Amerika juga menyarankan agar kesehatan jantung senantiasa terjaga, cobalah untuk tertawa.

Pasalnya, tertawa dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah pada jantung dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh. Dengan begitu, jantung dan sistem kardiovaskular senantiasa terjaga.

7. Mencegah Kanker

Cobalah untuk meningkatkan intensitas tertawa dengan menonton video lucu karena dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Pasalnya, tertawa dapat memicu meningkatnya sel Interferon-gamma yang bertugas untuk mempertahankan tubuh terhadap.

Dengan banyaknya sel interferon yang diproduksi, maka tubuh lebih mudah untuk memulihkan sel yang rusak akibat virus, radikal bebas, maupun sel kanker.

8. Menurunkan Kalori

Menyaksikan video lucu di internet baik untuk kesehatan, termasuk dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja cocok diterapkan bagi yang sedang menjalani program diet.

Pasalnya, dengan menonton video lucu dapat memicu tawa yang dinilai ampuh dalam membakar kalori tubuh. Menurut international Journal of Obesity, tertawa dapat membakar kalori sebesar 10% hingga 20% karena adanya peningkatan detak jantung.

Dengan meningkatnya detak jantung, maka metabolisme pun tinggi sehingga kalori dalam tubuh ikut terbakar. Sebuah studi juga menyatakan bahwa jika seseorang tertawa selama 10 hingga 15 menit, maka berat badan dapat berkurang 4 kg selama setahun.

9. Mengurangi Rasa Sakit

Ketika seseorang tertawa, maka hormon endorphin dilepaskan oleh tubuh. Salah satu fungsi hormon tersebut yaitu dapat meredakan rasa sakit karena memiliki sifat analgesik.

Dengan begitu, ketika tertawa, ketahanan terhadap rasa nyeri akan meningkat. Jadi, ketika terasa nyeri, cobalah tertawa dengan menonton beragam video lucu yang viral di internet.

10. Melawan Lupa

Tertawa dapat menekan hormon kortisol, yaitu hormon yang dikeluarkan saat stress. Hormon ini sangat membahayakan karena dapat merusak neuron tertentu pada otak dan dapat menurunkan kemampuan mengingat.

Salah satu cara alami yang mudah dilakukan untuk menekan hormon kortisol adalah dengan tertawa lepas. Kemudian, daya ingat yang dimiliki pun dapat meningkat.

Jadi, Apakah Menonton Video Lucu di Internet Baik untuk Kesehatan?

Tertawa bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan, apalagi banyak manfaat yang diambil dari tertawa. Cobalah untuk melakukan hal yang menyenangkan untuk dapat memicu tawa.

Kemudian, dari penjelasan di atas bisa terlihat jika tertawa karena menonton video lucu yang banyak beredar di internet memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti mengurangi rasa nyeri, menurunkan kalori, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah kanker.

Video lucu juga dapat membangkitkan energi dan juga emosi positif serta menekan perasaan negatif. Kemudian, rasa cemas juga menghilang setelah menonton video yang mengundang gelak tawa.

Jadi, menonton video lucu di internet baik untuk kesehatan memanglah benar. Pasalnya, banyak penelitian yang mengulas hal tersebut dan terbukti menimbulkan efek positif terutama bagi kesehatan tubuh.

 

You might also like